Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar 2016-2017)

Wahyuni Syahruna(1*),

(1) Pendidikan IPS Kekhususan Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v1i2.6650

Abstract


Penelitian bertujuan untuk: (i) menganalisis bagaimana pengaruh citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa di PPs Universitas Negeri Makassar; (ii) menganalisis bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa; (iii) menganalisis bagaimana pengaruh harga produk terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa; (vi) menganalisis bagaimana pengaruh promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa; (v) menganalisis bagaimana pengaruh citra merek, kualitas produk, harga produk dan promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung para mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program pascasarjana Universitas Negeri Makassar yang menggunakan smartphone merek Samsung. Penarikan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode insidential sampling sebanyak seratus orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang terdiri dari uji t atau parsial dan uji F atau simultan terhadap variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Variabel citra merek berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa.; (ii) Variabel kualitas produk berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa; (iii) Variabel harga produk berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa; (vi) Variabel promosi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa; (v) Variabel citra merek, kualitas produk, harga produk dan promosi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian smartphone merek Samsung pada mahasiswa program pascasarjana Universitas Negeri Makassar.


Keywords


Prilaku Konsumen; Pengambilan keputusan; smartphone; samsung.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Kurnia. 2013. Analisis Pengaruh Harga, BrandImage, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian HandphoneAtau Smartphone Samsung Jenis Android (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Anas Sudjiono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemesaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga

Khakim, Lutfi. 2015. Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Kota Semarang. Journal Vol.1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Virawan, Wayan. 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek Ink). Universitas Negeri Yogyakarta.

Yitzhak, Willem J.F., dan Djurwati Soepeno.2010. Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Feb Unsrat Manado). Journal ISSN 2303-11. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Pagi Universitas Sam Ratulangi Manado


Article Metrics

Abstract view : 2093 times | PDF view : 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: