Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Orang Tua, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Sabriati Sabriati

Abstract


. The study aims at examining: (1) The influence of parents’education level on students’ learning results inSocial Sciences atSMP Nusantara Makassar. (2) The influence of parents’income level on students’ learning results in Social Sciences atSMP Nusantara Makassar. (3) The influence of learning environment on students’ learning results in Social Sciences at SMP Nusantara Makassar. (4) The influence of education level, parents’ income, and learning environment simultaneously on students’ learning results in Social Sciencesat SMP Nusantara Makassar. The study is quantitative research with Ex-Post Facto with the total samples of 45 students. Data were collectedby employing questionnaire and documentation. Data were analyzed by employing statistics descriptive analysis and statistics inferential analysis. The results of the study reveal that: (1) There is positive influence of parents’ education level on students’ learning results in Social Sciences at SMP Nusantara Makassar. (2)  There is no influence of parents’ income level on students’ learning results in Social Sciences at SMP Nusantara Makassar (3) There is positive influence of learning environment on students’ learning results in Social Sciences at SMP Nusantara Makassar. (4) There ispositive influence of education level, of parents’ income level and learning environment simultaneously on students’ learning results in Social Sciences at SMP Nusantara Makassar.


Keywords


Parents’ level; parents’ income level; environment; students’ Social Sciences.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2003.Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cholifah, T. N., INyoman S.D., Sugeng U. 2016. Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV SDN Kecamatan Sawanwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan. Volume: 1 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2016 Halaman: 486-491.

Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamran. 2016. Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMK 1 Palangga Kabupaten Gowa. Tesis. Makassar : Program Studi Pendidikan IPS. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Ihsan, F. 2013. Dasar – Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Matus, D. A., 2016. Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua serta Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri di Bangkalan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Kewirausahaan. Volume: 4 Nomor 2 Tahun 2016.

Munarfah, A., & Muhammad, H. 2009. Metode Peneltian. Jakarta: CV. Praktika Aksara Semesta.

Nasution. 2014. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nokwanti. 2013. Pengaruh Tingkat Disiplin dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa. Artikel Jurnal. Ekonomi IKIP Veteran Semarang.

Rizkiana, A. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMK Barunawati Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewiarausahaan. Volume 2 Nomor 2 Tahun 2014.

Rohani, A. 2010. Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sapruddin., dkk. 2017. Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012.MetodePenelitian Pendidikan.Jakarta:BumiAksara.

Sumiati. 2012. Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Syariah di SMP Kota Tasikmalaya (Survei pada Siswa SMP Se-Kota Tasikmalaya). Jurnal Sains dan Terapan. Volume: 7 Nomor 1 Tahun 2012.

Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: CAPS.

Suryabrata, S. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, M. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU RI No. 20 Tahun 2013 tentang SIKDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Sinar Grafika.

Wahab, R. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Website Resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. 2016. UMP Sulsel 2017 Rp.2.500.000. (Online), (http://sulselprov.go.id. diakses 7 Agustus 2017).




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v1i2.6645

Article Metrics

Abstract view : 245 times | PDF view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

081241370423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh:

   

 

 

 

PIR My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.