EFEKTIVITAS EKSTRAK BATANG BRATAWALI I (Tinospora crispa L.) DAN DAUN SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA PENGGEREK BATANG PADI (Scirphopaga innotata)

Peri Irawan(1*), Dinul Qayyimah(2), Maghfirah Islamiah Ahmad(3), Radiatul Awalia Amir(4), Rihan Muhammad Alghifari(5),

(1) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar
(2) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar
(3) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar
(4) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar
(5) Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v5i1.9375

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas ekstrak batang bratawali dan ekstrak daun sirsak terhadap mortalitas hama penggerek batang padi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu experiment labotatory yang merupakan suatu pengujian dengan beberapa pengulangan yang dilakukan di laboratorium atau ruangan tertutup agar pengujiannya dapat dikontrol. Desain penelitian yang digunakan berupa RAL dengan 5 perlakuan dan 1 kontrol, masing-masing perlakuan diulangi sebanyak 3 kali. Pada penelitian ini dilakukan uji analysis of variance (ANOVA) dan analisis Duncan dengan α=0,05 dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil terbaik yaitu pada perlakuan 75% ekstrak batang bratawali, 25% ekstrak daun sirsak.

Keywords


Batang Bratawali; Daun Sirsak; Hama Penggerek Batang Padi Putih; Mortalitas

Full Text:

PDF

References


Adria, Nova, Ismed Wahidi dan Febri Yanti. (2015). Pengaruh Ekstrak Batang Brotowali (Tinospora Crispa L.) terhadap Aktivitas Makan dan Mortalitas Ulat Grayak (Spodoptera Litura F). Padang: Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatra Barat.

Aryantini, L. T, I Wayan, S dan I Nyoman, W. (2015). Kelimpahan Populasi dan Serangan Penggerek Batang Padi pada Tanaman Padi di Kabupaten Tabanan. Jurnal Agroteknologi Tropika 4(3): 202-212.

Badan Pusat Statistika (BPS). (2017). Konsumsi Beras Per Kapita Per Tahun di Indonesia. BPS. Jakarta.

Baehaki. (2013). Hama Penggerek Batang Padi dan Teknologi Pengendalian. Iptek Tanaman Pangan 8(1):1-14.

Chandra, Wahyu. (2014). Pestisida Kimiawi Berlebihan, Hama Penggerek Batang Malah Berkembang. (mongabay.co.id). (02 April 2018).

Desmiaty, Yesi, Risma Marisi Tambunan, Kartiningsih dan Loladyah Pithaloka. (2014). Uji Aktivitas Penghambatan Enzim a- Glukosidae serta Uji Mutu Ekstrak Etanol Batang Brotowali. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia 12(2):232-237.

Ivancevich, John M, Konopaske Robert dan Michael T. Matteson. (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, Devi, Rusli Rustam dan J. Hennie Loah. (2015). Pemberian Beberapa Konsentrasi Ekstrak Brotowali untuk Mengendalikan Keong Mas pada Tanaman Padi. JOM Faperta 2(1):1.

Kresnady, Budi dan Tim Lentera. (2003). Khasiat dan Manfaat Brotowali si Pahit yang Menyembuhkan. Jakarta Selatan: Agromedia Pustaka.

Lestari, F, dan Wida Darwiati. (2014). Uji Efikasi Ekstrak Daun dan Biji dari Tanaman Suren, Mimba, dan Sirsak terhadap Mortalitas Hama Ulat Gaharu. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman 11(3):165-171.

Mufidah, Naila Budiatin Wahyu, Boedi Setya Rahardja dan Woro Hastuti Satyantini. (2009). Pengkayaan Daphnia Spp. dengan Viterna terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Larva Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 1(1):61.

Nauly, Yacob. (2015). 80 Hektar Sawah Warga di Mimika Terancam Gagal Panen. (suarakarya.id).

Ramadhina, Aprilinda. (2011). Kursus Kilat Menguasai SPSS untuk UKM. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Reflis, M. (2011). Motivasi Petani dalam Mempertahankan Sistem Tradisional pada Usaha Tani Padi Sawah di Desa Parbaju Julu Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatera Utara. Agrisep 10(1):52-55.

Sastrosupadi, Adji. (2000). Rancangan Percobaan Praktis Bidang Pertanian. Yogyakarta: Kanisius.

Setiawati, W, Rini, M, Neni, G dan Tati, R. (2008). Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme PenggangguTumbuhan (OPT), Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Bandung.

Septian, Rodhiyah Eka, Isnawati dan Evie Ratnasari. (2013). Pengaruh Kombinasi Ekstrak Biji Mahoni dan Batang Brotowali terhadap Mortalitas dan Aktivitas Makan Ulat Grayak pada Tanaman Cabai Rawit. Jurnal Lantera Bio 2(1):107-112.

Sukadana I M, Wiwik Susanah Rita, Frida R. Koreh. (2007). Isolasi dan Identifikasi Senyawa Antimakan dari Batang Tumbuhan Brotowali. Jurnal Kimia 1(1) :55-61.

Suryanto, Widada Agus. (2010). Hama dan Penyakit Tanaman. Yogyakarta: Kanisius.

Susetyo, T. Ruswandi dan E. Purwanto. (2008). Teknologi Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Ramah Lingkungan. Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Jakarta. 83.


Article Metrics

Abstract view : 1123 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.