Pengaruh Biaya Promosi terhadap Profitabilitas pada PT. Simpatik Cabang Gowa

Ardin Ardin(1*),

(1) Universitas Pasifik Morota
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v4i2.7641

Abstract


The aims of the research are 1) To analyze the influence of cost promotion consisted of advertisement, sale promotion, Personal Sale and the publicity of the profitability of Simpatik in Gowa branch, and 2) To analyze the influence of the most dominant variable on the profitability of Simpatik in Gowa branch. The research was conducted by the same of population and sample taken from three years lately included thirty-six months by financing corporation data in Gowa branch. The method used was analyzes of classic method and doubled linear regression by using SPSS. 20.  The result research through simultaneous testing showed that advertisement, sale promotion, personal sale and publicity variable gave the positive and significant influenced toward the profitability. Testing by partial way, the promotion and sale personality variable created negative influence and gave return equivalent toward the corporation of sale of Simpatik in Gowa branch. Next, in partial way, advertisement variable showed the most dominant influence toward profitability on the three of the others independent variable.

Keywords


Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan personal, Publisitas dan Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Angga Cakra Noviya R. (2012). Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Laba Operasional (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan Lintang Tasikmalaya). Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi.

Arnando, Wily. (2010). Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Toyota di Padang, Tesis Jurusan Ekonomi Unand.Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran (dasar konsep dan strategi) Edisi 6, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta: 2009.

Assauri, Sofjan. (2001). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strateg. Edisi Kedua. Rajawali. Jakarta.

Assauri, Sofjan. (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan 11, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Basu Swastha DH, Irawan. (2002). Azas-Azas Marketing. Akademi Keuangan dan Bisnis (AKB). Yogyakarta.

Dwijayanti, Ery Septia. (2010). Pengaruh Diskon dan Biaya Iklan terhadap Volume penjualan, Study kasus pada Steak orange.

Tasikmalaya : Universitas Siliwangi.

Enda Suhenda. (2001). Pengaruh Biaya Pemasaran Terhadap Efektivitas Pencapaian Laba (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia KAWILPOS V Bandung). Tesis Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Bandung.

Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Erlangga. Jakarta.

Jefkins, Frans. (2000). Periklanan. Edisi kelima Terjemahan Haris Munandar. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Molan, Benyamin. (2000). Manajemen pemasaran, jilid 1 Edisi milenium: Pemasaran Dari The Prentice Hall International. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, Philip and Kaller K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Ahli Bahasa: Beyamin Molan; Manajemen Pemesaran, Edisi 12. Erlangga. Surabaya.

Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran Analisis Planning Kontrol,

Modding, Basri. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 1, Cetakan 1, PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, Makassar.

Peter J.P., and Jerry C.O. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 9, Buku 1, Salemba empat, Jakarta.

Pujiyanto. (2001). Periklanan, Malang: Universitas Negeri Malang.

Putri wulandari. (2013). Pengaruh Perubahaan Pendapatan Penjualan Tiket Pesawat dan Kapal Pelni Terhadap Perubahaan Laba Perusahaan Pada PT. Pesona Bintan Tours & Travel. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Haji (UMRAH) Tanjungpinang.

Radio Sunu. (1998). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Analisis. edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Rafiandi Nazar. (2003). Analisis Laba Berdasarkan Penjualan Tunai Dan Penjualan Kredit Pada Kantor Pusat Pt Columbus Megah Sentrasarana Di Berau. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2013, 1 (3): 214-224 ISSN 0000-0000, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.org © Copyright 2013.

Salvatore, Dominick. (2005). Managerial Economics : Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta : Salemba Empat.

Sitepu, Masliana Bangun. (2005). Mengatasi Berbagai Tantangan dalam Era Globalisasi melalui Peningkatan Perilaku Kewiraswastaan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis & Birokrasi, Vol.13, No.1 (Januari).

Sugiono. (2010). Statistika untuk Penelitian, Cetakan kesembilan, Alfabeta, Bandung.

Sutarya Dewi Wulansari. (2012). Pengaruh Pengendalian Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Operasional (Studi Kasus Pada PD.Anggraeni Tasikmalaya). Tesis Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi.

Swastha Basu dan Ibnu Sukotjo. (2000). ”Pengantar Bisnis Modern”, Edisi Ketiga Yogyakarta: Liberty.

Tuanakotta. (2000). Teori Akuntansi, Buku 2, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI , Jakarta.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2, Andi, Yogyakarta.

William J. Stanton. (2006). Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sadu Sundaru, Edisi Ketujuh, Erlangga : Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1277 times | PDF view : 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.