PENINGKATAN NILAI NUTRISI KULIT ARI BIJI KEDELAI YANG DIFERMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI EFEKTIVITAS MIKROORGANISME (EM-4) DAN WAKTU INKUBASI YANG BERBEDA

Fuji Astuty Auza(1*), Rusli Badaruddin(2), Rahim Aka(3),

(1) Universitas Haluoleo Kendari
(2) Universitas Haluoleo Kendari
(3) Universitas Haluoleo Kendari
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v3i2.4784

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat level dan waktu inkubasi terbaik pemberian EM4 terhadap nilai nutrisi kulit ari kedelai. Penelitian akan dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Jurusan Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo, Kendari. Penelitian ini menggunakan metode percobaan laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola faktorial. Faktor pertama adalah pemberian level EM-4 , yaitu 0 cc, 1 cc, 2 cc dan 3 cc, faktor kedua ialah waktu inkubasi yang berbeda, yaitu inkubasi 0 jam, inkubasi 24 jam, inkubasi 48 jam, dan inkubasi 72 jam yang masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Peubah yang diamati adalah bahan kering, abu, protein kasar, dan serat kasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian level EM-4 dan waktu inkubasi yang berbeda pada tepung kulit ari biji kedelai memberikan perbedaan nyata (P<0.05) pada nilai kadar abu dan serat kasar, tetapi tidak berbeda nyata (P>0.05) pada nilai bahan kering dan protein kasar, namun ada peningkatan atau perbaikan protein kasar dari tepung kulit ari biji kedelai pada level pemberian 3 cc EM-4 dan waktu inkubasi 72 jam.


Full Text:

PDF

References


Adhiansyah, Rizal. 2013. Studi Pembuatan Pakan Ternak Berbasis Kulit Ari Kedelai Terfermentasi (Kajian Jenis Mikroorganisme dan Waktu Fermentasi). Fakultas Teknologi Pertanian.Universitas Brawijaya. Malang.

Adhiansyah, R. 2014. Studi Pembuatan Bahan Pakan Ternak Terfermentasi Berbasis Kulit Ari Kedelai (Kajian Jenis Inokulum dan Waktu Fermentasi). Skripsi. Jurusan Tekhnologi Industri Pertanian. Fakultas Tekhnologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Adiwinarti. R., C.M. Sri Lestari dan E. Purbowati. 2001. Performans Domba yang Diberi Pakan Tambahan Limbah Tempe pada Aras yang Berbeda. Animal Production, Fakultas Peternakan UNDIP. Semarang. Edisi Khusus, Februari. 2001:94-102

Anggraeny, Y.N., dan U. Umiyasih. 2009. Pengaruh fermentasi Saccharomyces cerevisiae terhadap kandungan nutrisi dan kecernaan ampas pati aren (Arenga Pinnata merr). JITV, 19(2): 256-262.

Depertemen Pertanian., 2000. Penggemukan Ternak Domba. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Ungaran. Semarang.

Hardianto. Y. W. 2006. Penggemukan Domba Ekor Tipis Dengan Pemberian Pakan Kulit Ari Kacang Kedelai (Ampas Tempe) Dan Rumput Lapang. Skripsi. Program Studi Teknologi Produksi Ternak. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Iriyani, N. 2001. Pengaruh penggunaan kulit biji kedelai sebagai pengganti jagung dalam ransum terhadap kecernaan energi, protein dan kinerja domba. Animal Production. Journal Produksi Ternak. Vol. 2. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, Semarang.

Mairizal. 2005. Upaya peningkatan kualitas kulit ari biji kedelai melalui fermentasi Dengan kapang Aspergillus niger. Laporan Hasil Penelitian. Fakultas Peternakan Universitas Jambi, Jambi.

Mairizal. 2009. Pengaruh pemberian kulit ari biji kedelai hasil fermentasi dengan aspergillus niger sebagai pengganti jagung dan bungkil kedelai dalam ransum terhadap retensi bahan kering, bahan organik dan serat kasar pada ayam pedaging. Staf Pengajar Fakultas Peternakan, Universitas Jambi, Jambi. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan Februari, 2009, Vol. XII. No.1.

Margono, T., N. Suryati dan S. Hartinah. 2000. Tempe. Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Buku Panduan Teknologi Pangan. Jakarta. www.warintek.ristek.go.id. diakses. 13 April 2015.

Mathius, I, W. dan Sinurat, A. P. 2001. Pemanfaatan bahan pakan inkonvensional untuk ternak. Wartazoa 11(2): 20 – 31

Mattjik, A. H., dan Sumertajaya, I. M. 2013. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. PT. Penerbit IPB Press, Bogor.


Article Metrics

Abstract view : 2741 times | PDF view : 1268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.