ANALISIS PENERANGAN PADA RUANGAN DI GEDUNG PROGRAM PASCASARJANA UNM MAKASSAR

Abdul Muis Mappalotteng(1*), Syahrul Syahrul(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijfs.v1i1.2123

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui intensitas penerangan alam pada ruangan di gedung program pascasarjana UNM Makassar; (2) Mengetahui  intensitas penerangan buatan pada ruangan di gedung program pascasarjana  UNM Makassar; (3) Mengetahui kesesuaian intensitas penerangan pada ruangan di gedung program pascasarjana  memenuhi standar SNI, Menkes, dan standar UNEP; (4) Merancang penempatan lampu, jumlah lampu, intensitas cahaya pada ruangan di gedung program pascasarjana  yang memenuhi standar SNI, Menkes, dan standar UNEP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskrptif, yang akan mendeskripsikan hasil pengukuran intensitas penerangan pada ruangan-ruangan di gedung program pascasarjana UNM Makassar. Selain itu juga akan dihitung sistem penerangan yang ideal, yang sesuai dengan standar SNI, Menkes dan UNEP, dengan demikian penelitian ini juga dapat dikelompokkan ke dalam jenis penelitian evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) intensitas penerangan pada siang hari (alam) pada ruangan di PPs UNM 20,83% Tidak Baik, 37,50% Kurang Baik, 25,00% Baik, dan 16,67% Sangat Baik; (2) intensitas penerangan buatan menggunakan penerangan lampu listrik 78,9% dalam kategori Tidak Baik, dan 21,1% kategori Kurang Baik; (3) untuk kondisi pencahayaan alam dengan mengandalkan cahaya matahari pada siang hari telah memenuhi standar sebesar 41,67%; (4) Intensitas penerangan yang baik untuk ruangan kelas adalah lebih besar dari 250 lux, dan sangat baik jika berada di atas 500 lux.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 868 times | PDF view : 499 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.