Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA

Kadir Kadir(1*), Muhyadi Muhyadi(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9717

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA; (2) kelayakan sarana prasarana terhadap kinerja guru SMA; (3) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA; (4) kepemimpinan kepala sekolah, kelayakan sarana prasarana, dan motivasi kerja guru secara simultan terhadap kinerja guru SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian terdiri atas 14 sekolah. Guru berjumlah 882 orang dan diambil sampel sebanyak 243 guru berdasarkan rumus Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 243 guru yang diambil secara acak dari jumlah populasi sebanyak 882 guru. Validitas butir instrumen meliputi validitas logis (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kelayakan sarana prasarana terhadap kinerja guru; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kelayakan sarana prasarana, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru.

Keywords


kepala sekolah, kepemimpinan, kinerja, motivasi, sarana prasarana

Full Text:

PDF

References


Achmadi. (2012). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Kompensasi Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1, 283–294.

Arifin, A. (15 Mei 17). Alamak … Nilai Rata-Rata UN SMA Tahun ini Jeblok. Kendari Pos (Koran Online), retrived from http://kendaripos.co.id/2017/05/15/alamak-nilai-rata-rata-un-sma-tahun-ini-jeblok/

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2016). Manajemen Pendidikan (rev. eds). Sleman: Graha Cendekia bekerjasama dengan Pujangga Press

Bush, T. (2011). Theories of Educational Leadership and Management (4rd eds). Los Angeles: SAGE

Castle, P., & Buckler, S. (2009). How to be a Successful Teacher: Strategies for Personal and Professional Development (1rd eds). Los Angeles: SAGE

Champoux, J. E. (2011). Organizational Behavior: Integrating Individuals, Groups, and Organizations (4rd eds). New York: Routledge

Childress, M. (2009). Data-Driven Decision Making : The Development and Validation of an Instrument to Measure Principals’ Practices. Academic Leadership Journal, 7(1). Retrieved from http://scholars.fhsu.edu/alj/vol7/iss1/11

Cristina-corina, B. (2012). Some Determinative Factors Job Motivation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 47, 1638–1642. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.876

Dekoulou, P., & Trivellas, P. (2015). Measuring the Impact of Learning Organization on Job Satisfaction and Individual Performance in Greek Advertising Sector. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 175, 367–375. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1212

Duze, C. O. (2012). Leadership Styles of Principals and Job Performance of Staff in Secondary Schools in Delta State of Nigeria. An International Journal of Arts

Gagné, M. (2014). The Oxford Handbook of Work Engagement, Motivation, and Self-Determination Theory. New York: Oxford University Press

Grogan, M. (2013). The Jossey-Bass reader on educational leadership. U.S: Jossey Bass

Gultekin, H., & Acar, E. (2014). The Intrinsic and Extrinsic Factors for Teacher Motivation. Revista de Cercetare, 47, 291–306. https://doi.org/ISSN:1584-5397

Guseva, S., Dombrovskis, V., & Capulis, S. (2014). Personality Type and Peculiarities of Teacher’s Professional Motivation in the Context of Sustainable Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133–140. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1147

Hayati, K., & Caniago, I. (2014). Islamic Work Ethic: The Role of Intrinsic Motivation , Job Satisfaction , Organizational Commitment and Job Performance. International Congress on Interdisciplinary Business and Social Science, 65, 1102–1106. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.148

Kowalski, T. J. (2010). The School Principal: Visionary Leadership and Competent Management. New York: Routledge

Montua, K., Shantal, A., Halttunen, L., & Pekka, K. (2014). Sources of Principals’ Leadership Practices and Areas Training Should Emphasize: Case Finland. Journal of Leadership Education, 29–52. https://doi.org/10.12806/V13/I2/R2

Muhidin, S. A., & Abdurahman, A. (2011). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian: Dilengkapi Dengan Program SPSS. Bandung: Pustaka Setia

Mulyasa, H. E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Okoji, O. O. (2015). Relationship between School Principals’ Leadership Styles and Teachers’ Job Performance in Ondo State, Nigeria. Ife Psychologia, 23(2), 133–138. https://doi.org/ISSN:1117-1421

Presiden Republik Indonesi. (2005). Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Rivai, V., Bachtiar., & Boy Rafli Amar. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Organizational Behavior: Global Edition. Boston: Pearson

Sugiyono. (2015). Metode penelitian manajemen: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi (mixed method), tindakan kelas, (action research), dan evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Suparman. (2 Mei 2017). 28 siswa Sultra raih nilai sempurna matematika. Antara News (Koran Online), retrived from http://www.antaranews.com/berita/626990/28-siswa-sultra-raih-nilai-sempurna-matematika

Tujuh Propinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. (4 Januari 2016). Retrived from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015

Wahjosumidjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan teoretik dan permasalahannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada


Article Metrics

Abstract view : 758 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kadir Kadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats