Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar

Alphian Saharuddin


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector). Subjek penelitian berjumlah 45 siswa kelas IV-B semester Ganjil SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian berlangsung selama 3 bulan terdiri atas dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Audio-Visual (Film Projector) dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Nilai rerata IPA meningkat, dari siklus pertama mencapai skor 69,93 kemudian meningkat menjadi skor 81,84 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 58% menjadi 91%. Dengan demikian ada manfaat positif atas tindakan yang dilakukan guru berupa penggunaan media Audio-Visual (Film Projector).


Keywords


Hasil Belajar, IPA, Media Audio-Visual (Film Projector)

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Asnawir dan Usman, M. Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Bundu, Patta. 2004. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Depdiknas.

Darmodjo, Hendro. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

KTSP. 2006. Mata Pelajaran IPA Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta : Depdiknas.

Maslichah, Asy”ari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains dalam pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

RKAS. 2015. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah. Makassar: SD Negeri Kompleks IKIP 1 Makassar.

Sahruddin, Alphian. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V melalui Pemanfaatan Multi Media SD Negeri 6 Mojong Kabupaten Sidrap. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Samatowa, Usman. 2006. Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suhardjono, d.k.k. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 alphian saharuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Pembelajar licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View PEBELAJAR Stats