Analisis Perbedaan Pada Kurikulum KTSP Dan Kurikulum 2013 Terhadap Penyesuaian Alokasi Waktu Perminggu Untuk SDLB

harizki agung nugroho(1*), Ishartiwi Ishartiwi(2),

(1) program pasca sarjana universitas negeri yogyakarta
(2) program pasca sarjana universitas negeri yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6387

Abstract


Abstrak:                Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan serta bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya. Menurut pandangan lama, sejak zaman Yunanni Kuno, kurikulum merupakan kumpulan mata pelajaran-mata pelajaran yang harus disampaikan guru atau dipelajari siswa. Pendidikan dalam sejarah peradaban anak manusia adalah salah satu komponen kehidupan yang paling urgent. Semenjak manusia berinteraksi dengan aktifitas pendidikan ini semenjak itulah manusia telah berhasil merealisasikan berbagai perkembangan dan kemajuan dalam segala lingkup kehidupan mereka. Bahkan pendidikan adalah suatu yang alami dalam perkembangan peradaban manusia. Kurikulum sering dibedakan antara kurikulum sebagai rencana (curriculum plan) dengan kurikulum yang fungsional (functioning curriculum). Kurikulum bukan hanya merupakan rencana tertulis bagi pengajaran, melainkan sesuatu yang fungsional yang beroperasi dalam kelas, yang memberi pedoman dan mengatur lingkungan dan kegiatan yang berlangsung di dalam kelas.

Kata Kunci:                                      konsep kurikulum.

Abstract:         The concept of curriculum develops in line with the development of educational theory and practice and varies according to the flow or theory of education it embraces. According to the old view, since the time of the Ancient Yunanni, the curriculum is a collection of subjects to be submitted by teachers or studied by students. Education in the history of civilization of the human child is one of the most urgent components of life. Since humans have interacted with these educational activities ever since, humans have succeeded in realizing various developments and progress in all spheres of their lives. Even education is a natural in the development of human civilization. The curriculum is often distinguished between the curriculum as a plan (curriculum plan) with a functional curriculum. The curriculum is not just a written plan for teaching, but something functional that operates in the classroom, which guides and regulates the environment and activities that take place in the classroom.

Keywords


The concept of curriculum.

Full Text:

PDF

References


Arif, Soekardi. Sejarah Kurikulum Di Indonesia. 18 November 2015. http://belajarpkn-yuk.blogspot.com/2011/10/sejarah-kurikulum-nasional-indonesia.html

Belen, S. 2010. Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional Jakarta.

Eriyanto, 2011.Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian IlmuKomunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hidayati, Wiji. Pengembangan Kurikulum. 18 November 2015.

http://202.69.99.229/download/REALPAD/eStudy/PDF/Paedagogis/Buku/Pengembangan%20Kurukulum.pdf

Kredoanalisis. Hasil Analisis Tentang Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar (SD) dari masa colSonial hingga masa kurikulum 2013. 21 Agustus 2015.

https://kredoanalisis.wordpress.com/2015/01/17/hasil-analisis-tentang-perkembangan-kurikulum-sekolah-dasar-sd-dari-masa-kolonial-hingga-masa-kurikulum-2013/

Poerwati. Sejarah Kurikulum. 19 November 2015.http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Poerwanti%20Hadi%20Pratiwi,%20S.Pd.,%20M.Si./Sejarah_kurikulum.pdf.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sutisna. Sejarah Perkembangan Kurikulum. 18 November 2015.http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_DAERAH/197607312001121

ADE_SUTISNA/SEJARAH_PERKEMB.__KURIKULUM.pdf

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 1649 times | PDF view : 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 harizki agung nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats