Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura

Ning Suryani(1*), Mumpuniarti Mumpuniarti(2),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) , Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5760

Abstract


Siswa tunagrahita ringan memiliki kemampuan intelektual (kognitif) yang rendah dan mengalami hambatan perilaku adaptif. Kemampuan tersebut mempengaruhi kemampuan tunagrahita dalam bidang vokasional keterampilan pertanian budidaya hortikultura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan kognitif anak tunagrahita ringan dalam melakukan kegiatan keterampilan budidaya hortikultura. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa tunagrahita ringan dengan rentang usia 8-12 tahun. Data penelitian ini dikumpulkan melalui 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu  tes, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ni menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mencapai skor tertinggi dengan nilai 7  pada konsep sains sederhana (kemampuan kognitif lengkap). Kemampuan kognitif belum lengkap dengan skor 6 pada pengetahuan bentuk geometri, pengetahuan ukuran baku/tidak baku dan pengetahuan konsep waktu, skor 5 pada kemampuan mengenal benda di sekitarnya, skor 4 pada konsep bilangan 0-50 dan kemampuan menyelesaikan masalah sederhana. Skor terendah 2 pada kemampuan pengetahuan konsep urutan  (belum memiliki kemampuan kognitif pada aspek tersebut). Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa anak tunagrahita ringan belum memiliki kognitif yang lengkap dalam kegiatan keterampilan budidaya hortikultura, sehingga membutuhkan penguatan dan latihan.


Keywords


tunagrahita ringan, kognitif, keterampilan budidaya hortikultura

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Alimin, Z (2006). Model Pembelajaran Anak Tunagrahita Melalui Pendekatan Konseling, Penelitian Tindakan Kolaboratif dalam Upaya Mengembangkan Anak Tunagrahita Mencapai Perkembangan Optimum. Disertasi Sekolah Pascasarjana UPI: Bandung.

Astati. 2001. Persiapan Pekerjaan Penyandang Tunagrahita. Bandung: CV. Pandawa

Ayres, K. M., Mechling, L & Sansosti, F.J. (2013). The Use Of Mobile Technologies To Assist With Life Skills/Independence Of Students With Moderate/SevereIntellectual Disability And/Or Autism Spectrum Disorders: Considerations ForThe Future Of School Psychology. Jurnal Psikologi, Vol. 50(3), Diakses dariwileyonlinelibrary.com/journal/pits.

Borg, Walter R. & Gall Meridith Damien (2007). Educationa Research. Six edition. New York: Longman

Dunn, John.M & Leitschuh, Carol.A. 2014. Special Physical Education. Lowa: Kendall / Hunt Publishing Company

Direktur Statistik Kesejahteraan Rakyat - Badan Pusat Statistik – SUSENAS, 14 Desember 2016

Eldevik, S., Jahr, E., Eikeseth, S., Hastings, R., & Hughes, C. 2010. Cognitive and Adaptive Behavior Outcomes of Behavioral Intervention for Young Children With Intellectual Disability. Behavior Modification, 34(1), 16. Retrieved June 11, 2010, from ProQuest Education Journals. (Document ID: 1943253901).

Een Ratnengsih, 2017. Implementasi Program Vokasional bagi Anak Tunagrahita ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/download/7663/4934

Hallahan, DP. & Kauffman, JM. 2003. Exceptional Learner:Introduction to Special Education. Boston: Pearson Education, Inc.

Hallahan, D.P., Kauffman, J.M. &Pullen, P.C. (2009). Exceptional Learners. America: Pearson Education.

Ira Ariyanti, Juang Sunanto, Ahmad Nawawi (2015). Kegiatan Pembelajaran Bertani Pada Siswa Tunanetra di SLB Agro Industri Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pedagogia.

J.Tombokan Runtukahu dan Selpius Kandou (2014). Pembelajarn Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta:Ar-Ruz Media

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Kurikulum 2013. Pedoman Pelaksanaan Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Direktorat Pendidkan Khusus dan Layanan Khusus.

Mayangsari, Sriti. 2004. Peran Warna terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Dimensi Interior Vol.2 No1. Jakarta.

Mumpuniarti (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.

Nurmala, dkk (2012). Pengantar Ilmu Prtanian. Yogyakarta: Graha Ilmu

Polloway Edward A & Patton James R. 1993. Strategies For Teaching Learners With SpecialNeeds. USA . Macmillan Publishing Company

Seefeldt, Carol & Wasik, A Barbara. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Penterjemah: Pius Nasar). Jakarta: PT INDEKS.

Septiana et al (2015). Framing pada Klasifikasi Tumbuhan untuk Menurunkan Beban Kognitif. Makalah Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Schalock, R. L., Borthwick-Duffy, S. A., Bradley, V. M., Buntinx, W. H. E., Coulter, D. L., Craig, E. M., … Yeager, M. H. (2010). Intellectualdisability: Definition, classification, and systems of supports. Washington, DC: American Association on Intellectual and Developmental Disabilities.

Smith, M. B., Ittenbach, R. F. & Patton, J.R ( 2002). Mental retardation. 6th ed. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Sugiyartun (2009). Pendidikan Tunagrahita. Bandung: Rosda Karya

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Ke-19. Bandung: Alfabeta

Wina Sanjaya (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group

Yeung EH, Sundaram R, Bell EM, Druschel C, Kus C, Ghassabian A, Bello S, Yunlong X, and Louis GB. (2016). Examining Infertility Treatment and Early Childhood Development in the Upstate KIDS Study. JAMA Pediatrics

Yuliani, dkk (2004). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 1367 times | PDF view : 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ning Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats