Pengembangan Perangkat Evaluasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pada Anak Tk Islam Al Markaz Al Islami Kelompok B Makassar

Eka Mulyaningsih Kamar


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5642

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran analisis kebutuhan pengembangan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini, 2) mengetahui gambaran desain pengembangan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini, 3) mengetahui gambaran tingkat keterlaksanaan evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan dan Semmel yang dikenal dengan 4-D yaitu define (pendefinisisan), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya mencakup 3 tahapan yakni pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perangkat evaluasi yang digunakan di TK Islam Al Markaz Al Islami Makassar untuk mengevaluasi seluruh aspek perkembangan anak dengan yang digunakan TK pada umumnya sama. Hanya saja proses evaluasi yang dilakukan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi, bahkan evaluasi jarang dilakukan atau dilakukan tetapi tidak menggunakan metode, strategi maupun alat yang tepat. Selain itu tidak adanya perangkat evaluasi yang lebih khusus untuk mengevaluasi tiap-tiap aspek perkembangan, khususnya pada aspek perkembangan bahasa anak. Berdasarkan fenomena itu dilakukan analisis teoritik dan empirik sehingga disimpulkan bahwa dibutuhkan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini. 2) Hasil dari gambaran desain pengembangan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini disimpulkan bahwa desain ini dilakukan melalui beberapa tahap dimulai dari tahap penyusunan instrument, pemilihan format penilaian, menentukan landasan filosofi dan operasional didapatkan bahwa perlunya suatu buku pedoman untuk guru dalam pelaksanaan evaluasi dan perangkat evaluasi perkembangan bahasa anak. 3) Hasil dari gambaran tingkat keterlaksanaan metode pembelajaran melalui validasi ahli dan pengamatan observer diperoleh kesimpulan bahwa analisis pada angket respon guru (ARG) dan lembar pengamatan keaktifan anak (LPKA) terhadap pengembangan perangkat evaluasi berada pada kategori “baik” sedangkan hasil evaluasi perkembangan bahasa anak usia dini dalam lima kegiatan yaitu yang telah dikembangkan berada pada kategori terlihat (T).


Keywords


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, Evaluation

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto Suharsimi dan Safruddin Cepi. 2009. Evaluasi Program pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ayu Widya dan Susilawati. 2013. Pengembangan Penilaian dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beaty J. Janice. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Buhari, 2011. Model-model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Tersedia. http:bustangbuhari.wordpress.com/2011/08/25/four-d-model-model-pengembangan-perangkat-pembelajaran-dari-thiagarajan-dkk/. Online. Diakses tanggal 19 September 2014

Busthomi Yasid, M. 2012. Panduan Lengkap PAUD: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Publishing.

Catron E Carol dan Allen Jan. 1999. Early Childhood Curriculum: A Creative-Play Model. By Prentice-Hall, Inc.

Daryanto, H. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., Kusniaty, N. 2012. Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Nasional.

Fridani Lara, Wulan Sri, Pujiastuti Indah Sri. 2010. Evaluasi Perkembangan Anak usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Http://Edukasi.Kompasiana.Com/2014/04/16/Bagaimanakah-Perkembangan-Bahasa-Pada-Anak-Usia-Dini-Aud-647187.Html. Diakses pada hari selasa, tanggal 10 Maret 2015 pukul 19.25.

Nieeven, N. 1999. Prototype to reach product quality. Dlm. Van Den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. Design and tools in ducational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematik yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Permendiknas nomor 58 tahun 2009 tentang Standar PAUD.

Salam, Sofyan.,Deri Bangkona 2010. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sefrina Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo

Siantayani, Yulianti. 2011. Persiapan Membaca Bagi Balita. Yogyakarta: Krizter Publisher.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto. S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Thoha Chabib.2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno B. Hamzah dan Koni Satria. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yus Anita. 2005. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Yus Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wasesa, I. (2005). Evaluasi pembelajaran TK. Jakarta: Pernerbit UT.


Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EKA MULYANINGSIH KAMAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Pembelajar licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View PEBELAJAR Stats