Pengaruh Gaya Belajar Peserta Didik Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Peredaran Darah Pada Manusia di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Depok

Deni Nasir Ahmad


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5010

Abstract


Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar manakah diantara  auditori, visual dan kinestetik yang lebih baik terhadap pemahaman konsep yang dimiliki oleh peserta didik pada materi pembelajaran sistem peredaran darah manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Teknik pengambilan data dengan pemberian angket untuk mengkelompokkan gaya belajar peserta didik dan tes prestasi belajar digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia yang dibuat oleh peneliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia. Dari data analisis uji hipotesis penelitian menghasilkan x2Hitung < x2Tabel berarti H0 diterima yakni 1,407 < 5,991 maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa secara audiotori, visual dan kinestetik tidak ada perbedaan terhadap pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masing-masing gaya belajar sangatlah kuat memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep sistem peredaran darah pada manusia, hal ini terlihat bahwa skor rata-rata masing-masing gaya belajar tidak terlampau jauh antar gaya belajar satu dengan yang lainnya.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Sistem Peredaran Darah Manusia


Full Text:

PDF

References


Chaeri, Achmad dkk. 2010. Struktur Hewan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sherwood, Lauralee. 2001. Fisiologi Tubuh Manusia Dari Sel Ke Sistem (Terjemahan). Jakarta : EGC

Suharno, dkk. 2010. Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jakarta : Univ. Terbuka.

Susilowati, dkk. 2010. Kurikulum dan Materi Biologi SMU. Jakarta : Univ. Terbuka.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Bire, Ludji Arylien, dkk. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Audiotorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL KEPENDIDIKAN, Volume 44, Nomor 2, November 2014, Halaman 168-174

Husamah, Setyaningrum Yanuar. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi, Panduan Dalam Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakarya.

Hasrul. Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009.

Nursefriani, Pasaribu Marungkil dan Kamaluddin H.. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab-School Palu pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 4 No. 2, Hal. 36 – 41. ISSN 2338 3240

Sujarwo, Delnitawati. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Artikel Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah. Hal. 1-9

Surya, Saipuddin. Tes Berbasis Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah. 2 Desember 2015. http://wawasanedukasi.blogspot.co.id. 10 Maret 2016


Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 deni nasir ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Pembelajar licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View PEBELAJAR Stats