Kompetensi Widyaiswara Dan Kualitas Diklat

Hamzah Hamzah


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4865

Abstract


Tujuan artikel pemikiran ini adalah menekankan kembali peran widyaiswara dalam menentukan kualitas sebuah kegiatan pendidikan dan pelatihan. Beberapa hasil penelitian sebelumnya dikaji, dibandingkan dan disimpulkan guna melahirkan sebuah hasil pemikiran yang sekaligus dapat direkomendasikan untuk peningkatan dan perbaikan kegiatan Pendidikan dan pelatihan yang dapat diukur melalui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan peserta diklat terhadap kompetensi widyaiswara yang terdiri dari Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Substantif. Kesimpulan pada artikle ini  :1) Widyaiswara harus mencermati ketiga kompetensi widyaiswara yang meliputi Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Substantif. 2) Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran, perlu mendapat perhatian utama sesuai hasil penelitian sebelumnya, untuk dicarikan pemecahannya agar pada diklat berikutnya dapat memuaskan peserta diklat. 3) Kurikulum perubahan diklat kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta diklat. Artinya Jika kurikulum perubahan sesuai dengan kebutuhan peserta dikat maka kepuasan peserta diklat akan semakin tinggi, sebaliknya semakin kurang baik dan kurikulum perubahan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta diklat maka kepuasan peserta diklat akan semakin rendah.

Keywords


kompetensi widyaiswara; kepuasan peserta diklat; kualitas diklat.

Full Text:

PDF

References


Aep Kusnawan. 2017 Quality Management Education And Religious Counselor TRAINING AEP KUSNAWAN Management of Dakwah, Dakwah and Comunication, Islamic States University of Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Indonesia. International Journal of Human Resource Management and Research (IJHRMR) ISSN(P): 2249-6874; ISSN(E): 2249-7986 Vol. 7, Issue 1, Feb 2017, 49-56 © TJPRC Pvt. Ltd.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

de-Miguel, Mario,ect., 2011. Assessment Of The Satisfaction Of Participants in Training for Employment [Evaluación de la satisfacción de los participantes en la formación profesional para el empleo]. Universidad de Oviedo (España). http://www.uv.es/RELIEVE/v17n1/RELIEVEv17n1_3eng.htm

Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, C.Z. 2000. . Pendidikan dan Pelatihan sebagai Sarana Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT POS Indonesia (Persero), Analisis Sistem Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di Pusdiklatpos Bandung, (Online), (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-1202105-084810/, diakses 3 Nopember 2010)

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nugraha Teguh, 2014. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompetensi Pengelolaan Pembelajaran Widyaiswara Terhadap Mutu Layanan Pembelajaran di Pusdiklat Geologi”. Universitas Pendidikan Indonesia.

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008 tentang Instrumen Standar Kompetensi Widyaiswara

Pranoto, J. 2003. Perspektif Jabatan Fungsional Widyaiswara dalam Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil, (Online), (http://perpustakaan.upi.edu/abstrak/administrasi/upload/juni_pranoto_perspektif_jabatan_fungsional_Widyaiswara_dalam_pendidikan_dan_pelatihan_pegawai_negeri_sipil.pdf, diakses 3 Nopember 2010)

Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Grup.

Supono, 2015. Evaluasi Kepuasan Peserta Diklat Terhadap Kompetensi Widyaiswara Program Studi Plambing dan Sanitasi Departemen Bangunan P4TK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif & Elektronika Malang.

Waspodo, M. 1999. Peranan Widyaiswara Dalam Implementasi Kurikulum Diklat SPAMA : Studi Deskriptif Analitik Pada Implementasi Kurikulum Diklat SPAMA Di Pusdiklat Pegawai Depdikbud, Sawangan, Jawa Barat, (Online), (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd-0922106-092226/, diakses 3 Nopember 2010

_______Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Widyaiswara

_______Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 6 Tahun 2008 Tentang Pedoman Sertifikasi Widyaiswara

_______Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 14 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya


Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar Email : [email protected]


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Pembelajar licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Web
Analytics
View PEBELAJAR Stats