Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Yayasan Pendidikan Gloria Flobamora

Yunus Kenoret Benu(1*), Mintje Ratoe Oedjoe(2), Basri K(3),

(1) Universitas Citra Bangsa
(2) Universitas Citra Bangsa
(3) Universitas Universitas Nusa Cendana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.10068

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2) Bagaimana penggunaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3) Bagaimana pengendalian sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4) Bagaimana evaluasi sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 5) Apa faktor penghambat dan pendukung sarana prasaran dan 6) Bagaimana solusi mengatasi hambatan optimalisasi pemanfaatan sarana prasarana pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan atau observasi, wawancara, studi dokumen dengan menggunakan fasilitas rekaman dan catatan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen sarana prasarana di sekolah belum begitu baik perlu adanya pembenahan baik dari perencanaan, penggunaan, pengendalian, dan evaluasi, serta terdapat dua faktor penghambat 1) yayasan, 2) komite sekolah dan solusi.

Keywords


Optimalisasi, Manajemen, Sarana, Prasarana, dan Mutu Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi., Banurea, Kinanta. (2017). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan. Widya Puspita.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.

-------------------------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Bafadal, I. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi aksara.

---------------. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi aksara.

---------------. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bancin, Aswin., Lubis, Wildansyah. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam). Jurnal. Volume 10 nomor:1.edisi: juni 2017

Barnawi& M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ruzz Media

Choirul Fuad Yusuf. 2008. Budaya Sekolah dan mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Pena Citrasatria.

Darmastuti, Hajeng., Karwanto. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer dan Informatika di Smk Negeri 2 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol.3 No.3, Januari 2014. Hlm. 9-20

Djata, K. Venansius. (2015). Optimalisasi Penggunaan Fasilitas Bengkel Pemesinan Di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Fakultas TEKNIK. Universitas Negeri Yogyakarta.

Echols, John M dan Shadily, Hassan. (2001). Kamus Indonesia Inggris, Jakarta: Gramedia.

Gramedia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta : Gramedia.

Hadis, Abdul dan Nurhayati B. 2010. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ibrahim, Akhmadrandy. (2016). Analisis Implementasi Manajemen Kualitas Dari Kinerja Operasional Pada Industri Ekstraktif Di Sulawesi Utara (Studi Komparasi Pada Pertanian, Perikanan, Dan Peternakan). Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.4 No.2 Juni 2016, Hal. 859-869

Ir. Sri Renani Pantjastuti, M.Si. dkk. (2008). Komite sekolah: Sejarah dan prospeknya di masa depan. Yogyakarta: Hikayat

Jannah, Miftakhul. (2010). Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Nasima Semarang. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Semarang

Khoiriyah, Siti. (2016). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sdn 1 Pendowo Asri Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang. Program Pasca Sarjana. Universitas Lampung Bandar Lampung

Lestari, Ika. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana di Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Malang. Jurnal Manajemen Pendidikan.Volume 24, Nomor 5, Maret 2015: 376-382.

Lestari, Titik. (2016). Pengelolaan Laboratorium IPA di SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Made Pidarta. (2008). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

Mahardhani, Rizky. (2016). Keterlaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta.

Matin., Fuad, Nurhattati. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan : Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, J. Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

--------------------------(2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Cet.7. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustari, Mohamad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Nana Syaodih Sukmadinata dkk. 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (Konsep, Prinsip, dan Instrument). Bandung: PT. Refika Aditama.

Nawawi, Ahmad. (2010). Peran Serta Masyarakat Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Fip Upi Bandung

Nurabadi, Ahmad. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Universitas Negeri Malang


Article Metrics

Abstract view : 1971 times | PDF view : 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asti Yunita Benu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats