Editorial Policies

Focus and Scope

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran terbit dua kali setahun bulan April dan Oktober dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203. Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian


PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang

1. Pendidikan,

2. Keguruan, dan

3. Pembelajaran

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Peer-review is the system used to assess the quality of a manuscript before it is published. Independent researchers in the relevant research area assess submitted manuscripts for originality, validity and significance to help editors determine whether the manuscript should be published in their journal. You can read more about the peer-review process here.

PEMBELAJAR operates a Double-blind peer-review system, where the reviewers are aware of the names and affiliations of the authors, but the reviewer reports provided to authors are anonymous Publication of research articles by PEMBELAJAR is dependent primarily on their scientific validity and coherence as judged by our external expert editors and/or peer reviewers, who will also assess whether the writing is comprehensible and whether the work represents a useful contribution to the field.


Submitted manuscripts will generally be reviewed by two to three experts who will be asked to evaluate whether the manuscript is scientifically sound and coherent, whether it duplicates already published work, and whether or not the manuscript is sufficiently clear for publication. Reviewers will also be asked to indicate how interesting and significant the research is. The Editors will reach a decision based on these reports and, where necessary, they will consult with members of the Editorial Board.

 

Publication Frequency

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran terbit dua kali setahun bulan April dan Oktober

 

Open Access Policy

Jurnal Pembelajar adalah jurnal peer review dengan akses terbuka (Open Acces). Pengolahan artikel atau pengiriman manuskrip yang dikirimkan ke manajer atau editor melalui sistem online atau dengan menggunakan model penerbitan Open OJS.

Dalam model penerbitan ini, Artikel akan ditinjau dengan proses peer-Review dengan cara double Blind Peer Review  di bawah kendali editorial. Artikel yang muncul secara online tersedia secara bebas, gratis dan dapat didownload

Penulis juga dapat menggunakan artikel yang telah dipublikasikan dalam format pdf baik untuk penggunaan nonkomersial di situs pribadi atau lembaga nonkomersial. Pengguna berhak membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel PEMBELAJAR

 

Archiving

PEMBELAJAR publications are deposited in multiple digital archives around the world to guarantee long­-term digital preservation.

These archives include:

  1. Indonesia one Search Perpusnas (National Library of the Indonesia)
  2. ISJD is an online directory database of Indonesian Lembaga 
  3. LOCKSS. This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration

 

Etika Publikasi

Jurnal Pembelajar adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil penelitian dan pemikiran di bidang pendidikan, keguruan dan pembelajaran. Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis.

Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu:

(i)                 Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;

(ii)               Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan

(iii)             Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan penulis,
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan,
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan,
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif,
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang,
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan,
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab penulis,
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan,
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik,
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi,
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap pengarang/penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan,
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  15. Mendorong penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

 

 

Open Access Policy

Jurnal Pembelajar merupakan merupakan jurnal peer reviewed dengan akses terbuka atau gratis . pengolahan Artikel atau pengiriman naskah diserahkan kepada pengelola atau editor melalui system online atau OJS dengan menggunakan model penerbitan Open Access.

Dalam model penerbitan ini, artikel yang peer-review dengan cara biasa di bawah kendali editorial. Artikel muncul secara elektronik dan tersedia secara bebas dari website kami. Penulis juga dapat menggunakan artikel yang telah dipublikasikan dalam bentuk pdf baik untuk penggunaan non-komersial di situs pribadi atau non-komersial pada institusi mereka.

Pengguna memiliki hak untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap artikel

 

plagiarisme

Semua karya dalam manuskrip harus bebas dari plagiarisme, pemalsuan, rekayasa, atau kelalaian material yang signifikan.

Penulis diharapkan untuk secara eksplisit mengutip karya dan gagasan orang lain, bahkan jika karya atau gagasan tersebut tidak dikutip secara kata demi kata atau diparafrasekan. Standar ini berlaku apakah karya sebelumnya diterbitkan, tidak diterbitkan, atau tersedia secara elektronik. Gagal untuk mengutip dengan benar karya orang lain mungkin merupakan plagiarisme. Plagiarisme dalam segala bentuknya merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengolahan artikel di jurnal PEMBELAJAR, sebelum diterima dengan uji palgiasi menggunakan aplikasi grammarly yang diakses secara online https: //www.grammarly.com/

 

Abstracting and Indexing

Pembelajar terindex oleh: