PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS VI SDN 116 ENREKANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Darmawaty Darmawaty(1*),

(1) SDN 116 Enrekang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7102

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 116 EnrekangKecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang pada semester II tahun pelajaran 2016/2017. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data didapatkan dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian ini memberikan gambaran  bahwa melalui permainan gawang tong mampu Peningkatan kompetensi  siswa dalam cabang olahraga  sepak bola. Hasil yang didapatkan  dari pembelajaran sepak bola melalui permainan gawang tong pada siswa Kelas VI SD Negeri 116 Enrekang Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang yaitu dari hasil pada siklus I diketahui prosentase ketuntasan belajar sebesar 71 % dengan jumlah siswa 9, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 78 %, dengan jumlah ketuntasan 16 siswa.

 

Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Sepak Bola Gawang Tong, Hasil Belajar



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Darmawaty Darmawaty

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics