MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 PITUMPANUA KABUPATEN WAJO MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
(1) SMA Negeri 1 Pitumpanua
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7089
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi elektrostatika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pitumpanua Kabupaten Wajo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang melalui 2 siklus, yaitu : Siklus I pada bulan September 2015 dan Siklus II pada bulan November 2015. Faktor yang akan diselidiki yaitu faktor guru, peserta didik dan sumber belajar. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan menurut metode Kemmis dan Taggart meliputi: kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi: Tes diagnostik, wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar sebelum perbaikan sebesar 47,65, setelah siklus I sebesar 68,53 dan setelah siklus II sebesar 82,06.
Kata kunci: Fisika (sains), Hasil belajar, Metode pembelajaran tipe STAD
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 140 times | PDF view : 73 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Muhammad Tang
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .