HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAJENG

Arfah Arfah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7088

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan komunikasi matematikS dan kemampuan pemahaman matematika siswa SMAN 1 Bajeng. Komunikasi matematis adalah proses interaksi sosial yang melibatkan proses pertukaran dan refleksi informasi, ide, dan pemahaman secara matematis dari seseorang kepada orang lain. Pemahaman konseptual matematika adalah pengetahuan yang melibatkan pemahaman konsep-konsep yang paling bawah dan mendasar di samping algoritma yang dijalankan dalam matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika diuji menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika siswa kelas X SMAN 1 Bajeng.
 
Kata kunci : Komunikasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Tes Tertulis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 652 times | PDF view : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Arfah Arfah

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics