HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAJENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7088
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kemampuan komunikasi matematikS dan kemampuan pemahaman matematika siswa SMAN 1 Bajeng. Komunikasi matematis adalah proses interaksi sosial yang melibatkan proses pertukaran dan refleksi informasi, ide, dan pemahaman secara matematis dari seseorang kepada orang lain. Pemahaman konseptual matematika adalah pengetahuan yang melibatkan pemahaman konsep-konsep yang paling bawah dan mendasar di samping algoritma yang dijalankan dalam matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika diuji menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara komunikasi matematis dan pemahaman konseptual matematika siswa kelas X SMAN 1 Bajeng.
Kata kunci : Komunikasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Tes Tertulis
Kata kunci : Komunikasi Matematika, Pemahaman Konsep Matematika, Tes Tertulis
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 652 times | PDF view : 205 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Arfah Arfah
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .