STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI 2 MANOKWARI
(1) Universitas Papua
(2) Universitas Papua
(3) Universitas Papua
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7086
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS), mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar kognitif rata-rata antara peserta didik laki-laki dan perempuan dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X IPA pada materi bentuk molekul dan gaya antar molekul. Analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan inferensial. Pengujian dilakukan dengan uji statistik dengan analisis varian univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS), tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif rata-rata antara peserta didik laki-laki dan perempuan dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dengan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: PBL, TPS, Hasil Belajar Kognitif
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 318 times | PDF view : 98 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 John Harkesandi Sihotang, Achmad Rante Suparman, Christiana Niken
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .