STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DAN JENIS KELAMIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X IPA SMA NEGERI 2 MANOKWARI

John Harkesandi Sihotang(1*), Achmad Rante Suparman(2), Christiana Niken(3),

(1) Universitas Papua
(2) Universitas Papua
(3) Universitas Papua
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.7086

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS), mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar kognitif rata-rata antara peserta didik laki-laki dan perempuan dan mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X IPA pada materi bentuk molekul dan gaya antar molekul. Analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif dan inferensial. Pengujian dilakukan dengan uji statistik dengan analisis varian univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS), tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif rata-rata antara peserta didik laki-laki dan perempuan dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dengan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: PBL, TPS, Hasil Belajar Kognitif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 318 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 John Harkesandi Sihotang, Achmad Rante Suparman, Christiana Niken

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics