PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SISTEM FULL DAY SCHOOL DENGAN SISTEM REGULER PADA MATA PELAJARAN IPA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i2.6311
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik kelas VIII sekolah sistem full day school dan sistem regular pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yaitu metode kuantitatif non eksperimen menggunakan pendekatan komparatif. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 3 Makassar dan SMPN 27 Makassar. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII.9 SMPN 3 Makassar dan peserta didik kelas VIII.7 SMPN 27 Makassar. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa signifikansi < dari 0.05 yaitu 0.000 sehingga hasil yang diperoleh menyatakan bahwa H0 ditolak. berarti bahwa secara signifikan, ada perbedaan rata-rata prestasi belajar IPA peserta didik kelas VIII pada sekolah dengan sistem full day school dan sistem reguler. Rata-rata prestasi belajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sistem reguler lebih tinggi dibandingkan dengan sistem full day school, dengan 88,16 pada sekolah reguler dan 72.24 pada sekolah full day school.
Kata kunci: Full Day School, Prestasi Belajar, Sekolah Reguler
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 503 times | PDF view : 208 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Kadek Irayasa, Ian Alfian, Fitriana Fitriana, Risma Risma
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .