PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII A SMPN 13 MANOKWARI

Iwan Iwan(1*), Ester L.R. Korwa(2), Hengky L. Wambrauw(3),

(1) Universitas Papua
(2) Universitas Papua
(3) Universitas Papua
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6040

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar peserta didik di kelas VIII A SMPN 13 Manokwari Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu, 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Refleksi , yang melibatkan peserta didik sebanyak 24 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, wawancara, peliputan dokumenter dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada Siklus I  rata-rata 61,3 dengan ketuntasan 62,5 % dan   mengalami peningkatan menjadi  69,3 dengan ketuntasan 83,33% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa persentase hasil belajar peserta didik secara klasikal telah memenuhi standar, 75% dari KKM 60. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMPN 13 Manokwari.

Kata kunci: Sistem Pencernaan Manusia, Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 667 times | PDF view : 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Iwan Iwan, Ester L.R. Korwa, Hengky L. Wambrauw

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics