PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN PROBLEM BASED LEARNING

Rahmayanti Marasabessy(1*), Djukri Djukri(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6039

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah biologi siswa setelah diterapkannya model kooperatif tipe TAI dan PBL serta Perbedaan dari kedua mamodel.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah soal dalam bentuk essay dan data dianalisis menggunakan N-Gain dan One-Sample t Test, sedangkan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kedua model menggunakan Independent sample T Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah biologi siswa setelah diterapkannya model kooperatif tipe TAI dan PBL serta tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah biologi antara siswa yang menggunakan model kooperatif TAI dengan kelas yang menggunakan model PBL.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi, Team Assisted Individualization,s dan Problem-Based Learning

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 278 times | PDF view : 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rahmayanti Marasabessy, Djukri Djukri

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics