PLATFORM E-LEARNING KELASE METODE UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Riana Tangkin Mangesa(1*), Muhammad Yusuf Mappeasse(2),

(1) Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5131

Abstract


Penerapan Platform e-learning kelase di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat memberikan banyak kemudahan  dalam  pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menginovasi pembelajaran dalam mengunakan metode belajar platform e-learning kelase, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan  kualitatif  dan deskriptif, yaitu mendeskripsikan  efektivitas  pelaksanaan  pembelajaran di SMKN. Penelitian  kualitatif, mengacu Sugiyono (2009) bahwa   instrumen  utamanya  adalah peneliti  sendiri,  ditambah  instrumen  lembar observasi  berupa  chek lis, dokumentasi. Metode  ini untuk  mendeskripsikan  data kelompok belajar yang dibentuk dalam satu kelas,  sehingga  tidak  mengisolasi  individu  kedalam  variabel,  tetapi  memandangnya  sebagai satu  kesatuan  yang  bertujuan menggambarkan  tentang  efektivitas  pelaksanaan  pembelajaran platform e-learning kelase. Hasil penelitian adalah pembelajaran efektif karena pelaksanaan platform e-learning kelase, dapat  menginovasi guru dalam proses belajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 897 times | PDF view : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.