EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA SISTEM PENGISIAN ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF BAGI CALON GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Dwi Widjanarko(1*), Abdurrahman Abdurrahman(2), Supraptono Supraptono(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/mekom.v2i1.2579

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keefektifan penggunaan multimedia sistem pengisian elektronik dalam pembelajaran bagi calon guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan model single group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, dan sebagai sampel adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teori Kelistrikan Otomotif pada semester ganjil 2014-2015sebanyak 40 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar setelah menggunakan multimedia sistem pengisian elektronik lebih baik dan berbeda signifikan dibandingkan sebelum menggunakan multimedia sistem pengisian elektronik. Kenaikan mencapai 29,35 poin atau mencapai 70%, sehingga penggunaan multimedia sistem pengisian elektronik adalah efektif.
Kata kunci: multimedia, sistem pengisian, kelistrikan otomotif, calon guru
Abstract
This research aims to study the effectiveness of electronic charging system multimedia in learning process of vocational high school teacher candidates. This research is a single group pretes-postest design quasi experiment research. The population is all of the students of Automotive Technology Education students. The samples are all of students programming automotive electrical theory subject on odd semester of 2014-2015. The reseacr result shows that the score after using the multimedia is quite better than before and significantly different. The score improvement is 29.35 points or increases up to 70%. It means that the usage of the electronic charging system multimedia is effective.
Keywords: multimedia, charging system, automotive electrical system, vocational teacher

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.