Metode Vector Autoregressive dalam Menganalisis Pengaruh Kurs Mata Uang, Inflasi, dan Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan

Alief Imron Juliodinata(1), Muhammad Arif Tiro(2), Ansari Saleh Ahmar(3*),

(1) Department of Statistics, Universitas Negeri Makassar
(2) Department of Statistics, Universitas Negeri Makassar
(3) Department of Statistics, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/variansiunm9356

Abstract


Metode Vector Autoregressive  adalah salah satu analisis yang digunakan untuk menganalisis data deret waktu (time series). Data deret waktu dapat dinyatakan dalam tahun, bulan, minggu, atau hari. Salah satu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh antara indeks perekonomian suatu negara khususnya pengaruh Kurs, Inflasi dan Suku Bunga terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Kurs, Inflasi, Suku Bunga dan Indeks Harga Saham Gabungan dari bulan juli 2005 hingga juni 2016. Karena data tidak stasioner pada level maka dilakukan differencing  terhadap data. Setelah stasioner selanjutnya dilakukan uji kointegrasi untuk mencaritau apakah terdapat kointegrasi antara peubah. Dengan karakteristik data yang Stasioner pada  difference  dan terdapat kointegrasi, sehingga memenuhi asumsi analisis VECM. Setelah dilakukan analisis VECM dilakukan analisis IRF dan VD.  Adapun hasil analisisnya menunjukkan bahwa hanya Kurs yang secara signifikan berpengaruh lansung  terhadap Indeks Harga Saham Gabungan.

Kata Kunci: Analisis Time Series, VAR, Kurs, Suku Bunga, Inflasi, IHSG

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 555 times | PDF view : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alief Imron Juliodinata, Muhammad Arif Tiro, Ansari Saleh Ahmar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

SINTADimensions

 

 

VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)