EFEKTIVITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA DI SMK NEGERI 1 PARE-PARE

Ismail Ismail, Muhammad Darwis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan perpustakaan sekolah bagi siswa di SMK Negeri 1 pare-pare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriktif kuantitatif yang populasi dalam penelitian ini sebanyak 785 orang dan sampel sebanyak 10 persen dari populasi atau 79 orang sebagai responden dan 3 orang sebagai informan dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik persentase untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu keadaan secara persentase dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan sekolah  di SMK Negeri 1 Pare-Pare berada kategori cukup efektif dengan hasil yang di peroleh 60,7 persen, ditinjau dari segi indikator pemberian layanan sirkulasi bahan pustaka dikategorikan sangat efektif, bimbingan pembaca dikategorikan efektif, program layanan informasi dikategorikan cukup efektif, layanan audio visual dikategorikan kurang efektif, layanan internet dikategorikan kurang efektif, layanan silang layan dikategorikan cukup efektif, pelayanan perpusat perpustakaan sekolah dikategorikan cukup efektif.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pelayana Perpustakaan Sekolah

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2955

Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.