EFEKTIVITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BAGI SISWA DI SMK NEGERI 1 PARE-PARE
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2955
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan perpustakaan sekolah bagi siswa di SMK Negeri 1 pare-pare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriktif kuantitatif yang populasi dalam penelitian ini sebanyak 785 orang dan sampel sebanyak 10 persen dari populasi atau 79 orang sebagai responden dan 3 orang sebagai informan dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik persentase untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu keadaan secara persentase dalam bentuk tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Pare-Pare berada kategori cukup efektif dengan hasil yang di peroleh 60,7 persen, ditinjau dari segi indikator pemberian layanan sirkulasi bahan pustaka dikategorikan sangat efektif, bimbingan pembaca dikategorikan efektif, program layanan informasi dikategorikan cukup efektif, layanan audio visual dikategorikan kurang efektif, layanan internet dikategorikan kurang efektif, layanan silang layan dikategorikan cukup efektif, pelayanan perpusat perpustakaan sekolah dikategorikan cukup efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayana Perpustakaan Sekolah
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 600 times | PDF view : 777 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Office