DISIPLIN KERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN TUGAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BARRU

Jumriah Jumriah(1*), Haedar Akib(2), Muhammad Darwis(3),

(1) Public Administration Department, Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2934

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, yaitu data penelitian yang muncul berupa kata-kata yang menggambarkan dan memaparkan keadaan subyek penelitian berdasarkan fakta yang nampak. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data yaitu dengan melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran disiplin kerja guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru sudah melaksanakan tugas dengan cukup baik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini didasarkan pada guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu guru membuat perangkat pembelajaran sebelum memulai tahun ajaran baru sesuai silabus yang disediakan sekolah, dalam hal melaksanakan pembelajaran yaitu guru memiliki cara atau metode yang berbeda untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, kemudian mengevaluasi pembelajaran yaitu guru melakukan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran, terakhir yaitu melakukan tindak lanjut dalam pembelajaran juga sudah diterapkan oleh sebagian guru SMK Negeri 1 Barru. Sehingga dapat dikatakan sebagian besar guru SMK Negeri 1 Barru sudah disiplin dalam melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah dari aspek: 1) Merencanakan pembelajaran, 2) Melaksanakan pembelajaran, 3) mengevaluasi pembelajaran, dan melakukan tindak lanjut.

Kata Kunci: Disiplin, Tugas Guru


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF view : 1006 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Office