MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI PEMBERIAN KUIS PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA SMP NEGERI 1 BAJENG

Fajar Ma'ruf(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1642

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII.H SMP Negeri 1 Bajeng  yang berjumlah 43 siswa terdiri atas 23 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas empat komponen utama, yaitu: 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan tindakan, 3). Observasi, dan 4). Refleksi. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan untuk data peningkatan keaktifan siswa dalam kelas digunakan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tuntas sebesar 32,56 persen sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73 dengan persentase jumlah siswa dalam kategori tuntas sebesar 74,42 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VII.H SMP Negeri 1 Bajeng  dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode pemberian kuis pada awal pembelajaran.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kuis, Proses Pembelajaran

Article Metrics

Abstract view : 262 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office