PENERAPAN PRINSIP PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR DESA PANCIRO KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA, INDONESIA

Dahyar Daraba(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i2.1639

Abstract


Penelitian ini adalah deskriptif analisis kualitatif. sumber data yang digunakan adalah masyarakat penerima layanan utama penelitian adalah staf yang ada di kantor Desa Panciro Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, yakni Kepala Desa dan staf, beserta masyarakat, organisasi di tingkat pedesaan dan lembaga terkait menyangkut pelayanan administrasi. Disamping sumber primer, penelitian juga menggunakan sumber data sekunder berupa dokumen, laporan, dan sumber lain yang dianggap relevan. populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima layanan, maka penarikan sampel dilakukan berdasarkan accidental sampling dengan Purposive Random Sampling, dimana dalam penarikan sampel tidak ditentukan berdasarkan karakteristiknya tetapi kepada siapa saja populasi yang kebetulan datang menerima layanan. Untuk itu, ditetapkan jumlah sampel sebanyak 46 sebagai responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang mengikuti model analisis interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari data reduction (reduksi data), data display, drawing/verifying dan conclusions.

Kata Kunci: Prinsip Pelayanan, Administrasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 705 times | PDF view : 513 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office