MINAT BACA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Aulia Anggraeni Nurdin(1*), Risma Niswaty(2), Sirajuddin Saleh(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i1.1506

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bersifat deskripsi kuantitatif dengan populasi seluruh Mahasiswa Program Studi Pendididkan Administrasi Perkantoran yang berjumlah keseluruhan 237 orang. Penarikan sampel sebanyak  71 orang dan penarikan sampel dilakukan secara Probability Sampling dengan tehnik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan disajikan melalui tabel frekuensi dan diolah melalui teknik penghitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar, berada pada kategori Kurang Tinggi,  Minat Baca Mahasiswa diukur melalui Indikator Faktor Internal dan Faktor Eksternal.


References


Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akrasa.

Farida, S. 2012. Faktor-faktor penyebab keengganan membaca Di lingkungan Mahasiswa. Bandung. Seminar nasional, (online), (http://repository.widyatama.ac.id/.), diakses pada hari Jumat, 28 November 2014, 20.00 WITA.

Riduwan. 2004. Metode dan teknik menyusun tesis, cetakan pertama. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar statistika pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 281 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office