EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRATIF KARTU BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DI BPJS CENTER RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LAMADDUKELLENG KABUPATEN WAJO

Besse Sry Malinda(1*), Haedar Akib(2), Risma Niswaty(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i1.1505

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Administratif Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di BPJS Center Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Kabupaten Wajo. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan Efektivitas Pelayanan Administratif Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di BPJS Center Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Kabupaten Wajo.Populasi penelitian ini adalah peserta BPJS yang datang di RSUD Lamaddukelleng KabupatenWajo. Peneliti mengambil sampel sebanyak 50 orang dan penarikan sampel dilakukan secara Probability Sampling dengan teknik Insidental Sampling, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik persentase dalam bentuk table frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Administratif Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di BPJS Center Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Kabupaten Wajo, berada pada kategori Cukup Efektif, Efektivitas Pelayanan Administratif Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial diukur melalui Indikator kehandalan, ketanggapan dan kepedulian, jaminan kepastian, perhatian, dan wujud nyata.


References


Ernawati. 2008. Persepsi Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Daerah Terhadap Pelayanan Administratif pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.

Mappaenre, Ahmad. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Administrasi dan Manajemen. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Pasolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2014. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi (Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan). Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Article Metrics

Abstract view : 522 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office