PENGGUNAAN BOLA PLASTIK DAN PEMAKAIAN KALUNG BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN TEKNIK TOLAK PELURU PADA SISWA SMA NEGERI 1TINGGIMONCONG

Mustari .(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jo.v1i1.1504

Abstract


Penggunaan kalung berwarna merah dan biru yang dibuat menyerupai medali (terbuat dari karton manila yang diikatkan pada tali rafia). Siswa yang yang menggunakan kalung berwarna merah masuk pada kelompok belum menguasai teknik tolak peluru (kurang), untuk kalung berwarna biru pada kelompok (cukup) dan tidak menggunakan kalung adalah kelompok yang (baik) (sudah menguasai dasar-dasar teknik tolak peluru). Data diperoleh melalui hasil pengamatan yang penulis lakukan secara berulang-ulang berdasarkan pengalaman belajar terhadap peserta didik (responden) dan studi kepustakaan, kemudian hasil pengamatan dianalisis secara kualifikasi dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah termotivasinya siswa untuk senantiasa berusaha melakukan teknik menolak yang baik sesuai teknik yang benar melalui urut-urutan gerakan (pengalaman belajar) yang telah diberikan oleh guru dengan menggunakan bola plastik dan kalung berwarna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk rata-rata hasil motivasi tolak peluru yang dicapai Kelas X.4 adalah  2,54 menjadi 2,43 dan menjadi 2,62. Sedangkan untuk rata-rata hasil kemampuan tolak peluru yang dicapai Kelas X.4 adalah  76,58 lebih baik daripada sebelumnya yaitu 65,70.


References


Djumidar. (2001: 7.44) Dasar-dasar Atletik:1-12, . PPDO2101/4 SKS/Djumidar,-----Cet.3--- Jakarta Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Depdiknas.

Munasifah: (2008:45-55) Atletik Cabang Lempar, Penerbit Aneka Ilmu, Cetakan: September 2008

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Supandi dan Seba. 2003. Teori Belajar Motorik. Bandung. FPOK.


Article Metrics

Abstract view : 219 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Office