HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI DAN STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PESANTREN MTs DI KABUPATEN BURU

A. Asmawati Azis(1*), Halifah Pagarra(2), Asriani Asriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) MTs Uswatun Hasanah Namlea
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9680

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui asupan zat gizi dan status gizi siswa dan hubungannya dengan hasil belajar IPA. Pengambilan sampel adalah sampling jenuh yakni 55 responden. Instrumen yang digunakan adalah microtoice, timbangan berat badan, timbangan makanan, kuesioner, kamera dan dokumen. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis korelasi Spearman dan regresi linear berganda.  Hasil penelitian menunjukkan asupan zat gizi siswa Pesantren MTs di Kabupaten Buru berdasarkan angka kecukupan gizi termasuk dalam kategori defisit dan status gizi siswa termasuk dalam kategori kurus (gizi kurang). Sebanyak 2 siswa (3,64 %) memiliki hasil belajar IPA termasuk dalam klasifikasi sangat kurang, 7 siswa (12,73 %) dalam klasifikasi kurang, 18 siswa (32,73 %)  termasuk dalam klasifikasi cukup, 25 siswa (45,45 %) yang termasuk dalam klasifikasi baik dan 3 siswa (5,45 %) yang termasuk dalam klasifikasi baik sekali. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. 0,000 berarti < kriteria signifikansi (0,05), dengan demikian bahwa ada hubungan asupan zat gizi dan status gizi dengan hasil belajar IPA siswa pesantren MTs di Kabupaten Buru.

Kata Kunci: Asupan Zat Gizi, Status gizi, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abudayya. 2011. Diet, Nutritional Status And School Performance Among Adolescents In Gaza Strip (Eastern Mediterranean Health Journal), University Of Oslo.

Aramico, B., Siketang, Nihan Wati., Nur, A. 2017. Hubungan Asupan Gizi, Aktivitas fisik, Menstruasi dan Anemia dengan Status Gizi pada Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Simpang Kiri Kota Subulussalam (Relationship Beetwen Nutrition Intake, Physical Activity, Menstruation And Anemia With The Nutritional Status Among Female Students in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Simpang Kiri Subulussalam City). Banda Aceh: SEL Jurnal Penelitian kesehatan Vol.4 No.1, Juli 2017, 21-30.

Aulia, F. 2012. Hubungan gizi dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Kesehatan. UIN Alauddin Makassar.

Azrimaidaliza dan Purnakarya, I. 2011. Analisis Pemilihan Makanan pada Remaja di Kota Padang, Sumatra Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 6, No.1. Diakses dari http://jurnalkesmas.ui.ac.id.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat. 2014. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Dewi, C.K. (2011). Hubungan Antara Tingkat Kecukupan Gizi (Energi, Protein, Vitamin A, Vitamin C dan Zat Besi) dengan Status Gizi Santriwati di Asrama Putri Pondok Pesantren Al-Islam Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. The Indonesian Journal of Public Health, Vol. 9, No. 1. Diakses dari http://journal. unair.ac.id

Fitriani, K. & Ismawati, R. 2014. Hubungan Asupan Makanan Dengan Kejadian Anemia dan Nilai Praktik Pada Siswi Kelas XI Boga SMKN 1 Buduran Sidoarjo. e-journal boga, Volume 03, Nomor 1. hal.46-53.

Hayyana. 2014. Hubungan antara Pola Makan dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Thesis. Makassar: Program Pasca Sarjana Univeritas Negeri Makassar.

Febriani, K. dan Margawati, A. 2013. Hubungan Asupan Energi Jajanan Dengan Prestasi Belajar Remaja Di SMP PL Domenico Savio Semarang. Journal of Nutrition College, Volume 2, Nomor 4, Tahun 2013, Halaman 491-497 Online di : http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnc

Muchlisa., Citrakesumasari., & Indriasari, R. (2013). Hubungan Asupan Zat Gizi dengan Status Gizi pada Remaja Putri di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 2013. Jurnal MKMI, Vol. 9, No. 3. Diakses dari http://journal.unhas.ac.id

Nurmawati., Maryam, S., Muamar, M. Rezeki. 2014. Hubungan Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kecamatan Pandrah Kabupaten Bireuen. Jurnal JESBIO Vol.III No.4, Mei 2014, ISSN: 2302-1705.

Reppi, B., Kapantow, N.H., & Punuh, M.I. (2015). Hubungan Antara Asupan Energi dengan Status Gizi Siswi SMA Negeri 4 Manado. Jurnal KESMAS Universitas Sam Ratulangi, Vol. 3, No. 1. Diakses dari http://jkesmasfkm.unsrat.ac.id

Ridwan, M., Lisnawati, N., & Enginelina, E. 2017. Hubungan antara asupan energi dan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik. Purwakarta: Journal of Holistican dhealth sciences Vol,1,No.1,Januari-Juni 2017.

Rokhmat,F., Muniroh, L., Nindya, T. 2016. Hubungan Tingkat kecukupan energi dan zat gizi makro dengan status gizi siswi SMA di Pondok pesantren Al-Izzah Kota batu. Jurnal Media Gizi Indonesia, Vol.11, No.1 Januari-Juni 2016; hlm. 94-100. Surabaya: Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Airlangga.

Sa’adah, R., Herman, Rahmatina B., Sastri, S. 2014. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. http://jurnal.fk.unand.ac.id Jurnal Kesehatan Andalas. 2014; 3(3)

Sety, L. & Paeha, D. 2013. Tingkat Asupan Energi, Protein, Kebiasaan Makan Pagi dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 7 Kendari. Jurnal Kesehatan, Volume IV, Nomor 2,Oktober 2013, hlm 333-343

Supariasa, I., Bakri, B., & Fajar, I. 2012. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC.

Taiyeb, A., Azis, A., & Handayani, L. 2016. Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Pola Makan Melalui Penerapan Modul Gizi. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016. ISBN 978-682-721198-3-6. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar

Utari, L., Ernalia, Y. & Suyanto. 2016. Gambaran Status Gizi dan Asupan Zat Gizi pada Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai. JOM FK Volume 3 No.1 Februari 2016.

Wahyuningsih, E. 2014. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas V SDN Kadilanggon Wedi Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, Vol.4, No.8, Juni 2014. 47-59.


Article Metrics

Abstract view : 1489 times | PDF view : 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.