EFEKTIVITAS PENERAPAN STRUCTURE EXERCISE METHOD (SEM) DALAM PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 BUA PONRANG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9664
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Kelly, O.2007. Providing Solutions through Problem-based Learningfor the Undergraduate 1st Year Chemistry Laboratory. Chemistry Education Research and Practice. Vol. 8. No. 3. http://www.rsc.org/images/kelly%20final_tcm18-94355.pdf. Diakses pada 23 juli 2016.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarta
Rusmansyah dan Irhasyuarna, Y. 2002. Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Persamaan Reaksi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 36 .http://library.um.ac.id/majalah/download/pdf/indonesia/download.php/489.pdf. Diakses pada 25 juli 2016
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama.
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 2, No. 2. Diakses pada 15 juni 2016
Sumarji. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Ilmu Statistika dan Tegangan di SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol. 32, No. 2. http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/3095. Diakses pada 15 juni 2016.
Article Metrics
Abstract view : 235 times | PDF view : 74 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.