PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 34 MAKASSAR (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia)
(1) SMP Agape Tanjung Selor
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9662
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aulia, R., Sri, D., & Adi, P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Tingkat Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 2 Karangayar. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. Vol. 4 No. 1.
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Pekan Baru: Alfabeta.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ratih, D., Sri, I., Supriyanto, & Susanti. 2012. Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 1 No. 3.
Sani, R. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Slavin, R. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Walberg & Greenberg. 1997. Quantum Teaching: Memperhatikan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Article Metrics
Abstract view : 225 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.