PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 LILIRIAJA (Studi Pada Materi Pencemaran Lingkungan)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i2.9661
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arliyanti, Ashadi & Mulyani, S. 2016. Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing dan Predict Observe Expain (POE) Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. Vol 1. No 1.
Gulo, W. 2000. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kurniawati, W. & Diantoro. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 10.
Mulyani, I & Suardana, I. 2015. Komparasi Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Project Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 5.
Neka, M. & Suastra,I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Vol 5.
Nurdin, S. & Adriantono. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Putri, S. & Asyiah,I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso. Jurnal Universitas Jember. Vol 4. No 2.
Tawil, M. & Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.
Article Metrics
Abstract view : 452 times | PDF view : 78 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.