PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3158
Abstract
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Sociologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Sosiologi siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah dekskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 yaitu sebesar 123 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik Clutser random sampling.. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Makassar. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis data dengan menggunakan uji t dan diperoleh nilai thit sebesar 6,073 lebih besar dari pada nilai ttab yaitu 3,466 pada taraf signifikansi 5 % (α=0,05) Maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional siswa berpengaruh terhadap hasil belajar Sosiologi.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Sosiologi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 255 times | PDF view : 137 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.