PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 MAKASSAR

Nursuci Ramadhan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3158

Abstract


Pengaruh  Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Sociologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Sosiologi siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah dekskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 yaitu sebesar 123 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik Clutser random sampling.. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Makassar. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis data dengan menggunakan uji t dan diperoleh nilai thit sebesar 6,073 lebih besar dari pada nilai ttab yaitu 3,466 pada taraf signifikansi 5 % (α=0,05) Maka H0 ditolak dan H1  diterima yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional siswa berpengaruh terhadap hasil belajar Sosiologi.

Kata Kunci Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar  Sosiologi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 255 times | PDF view : 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.