PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK PGSD

Rohana Rohana(1*),

(1) Pgsd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model Bahan dan perangkat pembelajaran ajar bahasa Inggris menggunakan model cooperatif learning tipe group investigation pada PGSD. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis Kebutuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan model kuantitatif dan kualitatif termasuk penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE .Penelitian ini dilaksanakan pada program PGSD FIP UNM. Analisis data Data yang dianalisis data1) tes 2) validasi model, 3) angket dan 4) observasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah meningkatnya hasil belajar mahasiswa PGSD pembelajaran Bahasa Inggris , dengan kategori sangat baik, bahan ajar bahasa Inggris yang dikembangkan berdasar hasil validasi ahli dalam kategori sangat valid, bahan ajar bahasa Inggris dalam mampu meningkatkan kemampuan dan hasil belajar peserta didik dan aktivitas dosen dalam pembelajaran kategori sangat baik, tingkat keefektifan dalam kategori sangat baik karena adanya peningkatan hasil belajar peserta didik PGSD setelah menggunakan penerapan group investigation dalam pembelajaran.

Keywords: pengembangan, bahasa Inggris, materi, kebutuhan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 631 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.