VALIDITAS MODEL KOMUNIKASI DEFLEUR DALAM PEMBELAJARAN SPRECHFERTIGKEIT SISWA KELAS XII SMA SE SULAWESI SELATAN

Wahyu Kurnati Asri(1*), Syukur Saud(2), Burhanuddin Burhanuddin(3),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra UNM
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra UNM
(3) Fakultas Bahasa dan Sastra UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas model komunikasi Defleur dalam pembelajaran Sprechfertigkeit Siswa Kelas XII SMA Se Sulawesi Selatan berdasarkan beberapa representasi yang telah dikembangkan. Perkembangan model ini dilakukan untuk meningkatkan model komunikasi Defleur yang selanjutnya dapat diterapkan pada siswa kelas XII SMA se Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan melalui survei lapangan terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran tentang kebutuhan dan karakteristik siswa, selanjutnya akan dirancang model dan perangkat pembelajaran. Hasil pengembangan model alat pembelajaran dan pengajaran diuji oleh para ahli untuk mendapatkan validitas / kelayakan model yang dikembangkan. Uji ahli dilakukan oleh 3 orang ahli yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model komunikasi Defleur dalam pembelajaran Sprechfertigkeit Siswa Kelas XII SMA Se Sulawesi Selatan yang didasarkan pada banyak representasi yang memiliki karakteristik yang konsisten dengan pondasi teori model komunikasi Defleur, dan pembelajaran pembelajaran menulis. (2) hasil penilaian ahli tentang validitas / kelayakan model komunikasi Defleur dalam pembelajaran Sprechfertigkeit Siswa Kelas XII SMA Se Sulawesi Selatan menunjukkan bahwa validitas model yang dikembangkan memiliki kategori tinggi.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 378 times | PDF view : 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.