PENGARUH KESADARAN METAKOGNISI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FMIPA UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

Sitti Inaya Masrura(1*), Murtafiah Murtafiah(2),

(1) Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Sulawesi Barat
(2) Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author



Abstract


Salah satu sasaran pendidikan berkarakter yaitu peserta didik diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya berlandaskan nilai karakter dan akhlak mulia. Dengan adanya kesadaran metakognisi dan motivasi belajar akan menjadi modal peserta didik untuk mampu bersikap mandiri dan tahu apa yang telah dipelajari, apa yang sedang dipelajari, dan apa yang harus dipelajari sehingga berimplikasi pada prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika terhadap Prestasi akademik mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat. Jenis Penelitian Ini adalah eks-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat Angkatan 2016 dengan sampel sebanyak 172 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesadaran metakognisi dan angket motivasi belajar matematika, sedangkan data prestasi akademik adalah data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi linier berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Kesadaran metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa; dengan persamaan regresi Y = 0.355+0.026X1+ 0.005 X2; Kontribusi Kesadaran metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 77.6 % dan sisanya 22,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci: Kesadaran Metakognisi, Motivasi, Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 272 times | PDF view : 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.