Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Bilingual: Mendukung Program Guru MIPA Unggulan (PGMIPA-U)

Hamzah Upu(1*), Salam Salam(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini diharapkan mampu mendukung program pemerintah, terutama Pendidikan Guru MIPA Unggulan (PGMIPA U) dan program Bilingual (ICP) FMIPA Universitas Negeri Makasssar. Target khusus adalah menghasilkan: (1) Student Book Model, Student Worksheet Model, dan Lesson Plan Model – Dwi Bahasa, (2) Model Pembelajaran Matematika Bilingual untuk calon guru MIPA unggulan. Desain pengembangan penelitian yang digunakan adalah modifikasi dan adaptasi Research and Development (R&D) model Four-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), Thiagarajan, dkk (1974). Acuan Model Pembelajaran Matematika Bilingual yang diterapkan meliputi: (1) Pembelajaran kreatif, aktif, dan menyenangkan dengan pengantar 2 bahasa (Indonesia dan Inggris), (2) validator model adalah native speakers, dan (3) sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dampak instruksional, dan dampak pengiring mampu menggiring pola pikir, wawasan keilmuan, dan content knowledge mahasiswa calon guru MIPA unggulan berwawasan internasional.

Keywords: Pengembangan Model, Pembelajaran Matematika, Bilingual

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 191 times | PDF view : 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.