Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter Siswa SMP Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Kisaman Salija(1*), Maemuna Muhayyang(2),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa dengan mengintegrasikan nilai- nilai karakter yang terdapat dalam budaya lokal yang mengandung pesan nilai moral untuk meningkatkan kualitas karakter dan moral siswa SMP di Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris berbasis pendidikan karakter siswa SMP di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Pengembangan perangkat pembelajaran yang direncanakan akan mengikuti model desain penelitian dan pengembangan yang dirancang oleh Thiagarajan dalam pengembangan perangkat pembelajaran model Four-D terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Sampel penelitian direncanakan adalah siswa SMP yang menurut data dan informasi Dinas Pendidikan ditemukan telah terlibat dalam tawuran antar siswa di Sulawesi Selatan. Penelitian direncanakan berlangsung selama satu tahun. Produk yang dihasilkan pada berbentuk prototipe bahan ajar keterampilan berbahasa Inggris secara integratif dan perangkat pembelajaran pendukungnya Pada bagian akhir kegiatan penelitian adalah pengemasan dan penyebarluasan model produk yang dihasilkan. Penyebarluasan dilakukan melalui forum ilmiah, kelompok diskusi terfokus, dan publikasi di jurnal Internasional.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 444 times | PDF view : 1192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.