MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY

Hendra Jaya(1*), Mantasia Mantasia(2), Ahmad Sadiran(3),

(1) Teknik Elektronika Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Teknik Elektronika Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(3) Teknik Elektronika Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Mata Kuliah Antena dan Propagasi di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk One-group pretest-postest, dengan populasi seluruh mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Antena dan Propagasi jurusan PTA Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dan sampel penelitian mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 23 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini diperoleh mahasiswa pada pelaksanaan pretest memperoleh nilai tuntas sebesar 21,7% dan nilai tidak tuntas sebesar 78,3%. Sedangkan pada posttest diperoleh mahasiswa dengan nilai tuntas sebesar 86,95% dan nilai tidak tuntas sebesar 13,04%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara proses pembelajaran sebelum penggunaan Augmented Reality dengan proses pembelajaran setelah penggunaan Augmented Reality dan dengan penggunaan Augmented Reality lebih efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Antena dan Propagasi mahasiswa angkatan 2014 Jurusan PTA Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Kata kunci: efektivitas, Augmented Reality, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 389 times | PDF view : 237 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.