Penerapan Media Aplikasi Education Games Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak di Taman Kanak-Kanak

Herman Herman(1*), Sirajuddin Saleh(2), Nur Maharani Islami(3),

(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal pada anak di Taman Kanak-kanak. Kemampuan membaca sangat penting bagi anak sebagai persiapan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan, dibutuhkan model, metode dan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik anak. Berdasarkan hal ini,
maka peneliti memilih media aplikasi education games berbasis budaya lokal sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru berjumlah 2 orang dan anak yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 8 anak lakilaki
dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan anak didik sehingga berdampak positif terhadap hasil belajar anak didik, dalam hal ini ditunjukkan bahwa anak sudah mampu mengenal simbol-simbol huruf vokal dan konsonan, mampu membedakan kata yang memiliki huruf awal yang sama, mampu membedakan kata yang memiliki suku kata awal yang sama, dan mampu menyusun suku kata menjadi sebuah kata. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media aplikasi Education Games berbasis budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak didik.

Kata kunci: Media Aplikasi Education Games, Membaca Permulaan,

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 945 times | PDF view : 433 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.