Model Pembelajaran High/Scope dalam Menumbuh Kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini

Nurhaedah Nurhaedah(1*), Azizah Amal(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Usia dini merupakan usia yang paling tepat dalam memberikan stimulasi dari setiap periode pertumbuhan dan perkembangan manusia. Menurut kajian neurologi, pada usia dini, perkembangan otak anak mencapai 80%. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan suatu model pembelajaran dengan memperhatikan
prinsip-prinsip pembelajaran pada anak usia dini misalnya: pembelajaran berbasis aktifitas, kontekstual, sesuai dengan kebutuhan anak, terpadu, dll. dan tentunya dapat mengembangkan seluruh aspek-aspek perkembangan seperti: nilai agama moral, kognitif, psikomotorik, bahasa, social emosional dan seni. High/scope merupakan suatu model dengan mengembangkan kemampuan anak menggunakan berbagai macam kegiatan seni dan gerak, kemampuan terhadap objek berdasarkan konsep pendidikan, kemampuan berbicara, dramatisasi, kemampuan bekerjasama dengan orang lain, membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukan sesuatu; dan merencanakan penggunaan waktu dan energy, dan mengembangkan kemampuan perolehan pemikiran baru dalam jangkauan yang luas dan natural berdasarkan situasi dengan menggunakan berbagai macam material. Model ini merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan anak di sekolah, sehingga anak didik dapat tumbuh dan berkembangan sesuai dengan tahap-tahap
perkembanganya dan siap untuk memasuki tahap berikutnya.

Kata kunci: High/Scope, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6636 times | PDF view : 2815 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.