Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar

Hasmyati Hasmyati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Problem Based Learning adalah seperangkat model pengajaran yang menggunakan masalah sebagai focus untuk mengembangkan keterampulan pemecahan masalah, materi dan pengaturan diri. Problem based learning memiliki 3 karakteristik dimana pelajaran terfokus untuk memecahan masalah, tanggung jawab untuk memecahkan masalah bertumpu pada siswa, dan guru mendukung proses saat siswa mengerjakan masalah. perbandingan hasil belajar antara siklus I yang
belum mencapai indikator keberhasilan mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II dimana pada siklus II ini indikato keberhasilan telah tercapai. kategori rendah masih ada pada siklus I dengan persentase 27,27% dan selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yang terlihat dengan persentase 0% atau tidak ada siswa dalam kategori rendah. Di kategori tinggi pada siklus I dengan persentase 30,30% meningkat pada siklus II dengan persentase 9% dimana siswa pada kategori sedang berkurang. dan siswa mengalami peningkatan di kategori tinggi dari 42,42% pada siklus I meningkat dengan persentase 91%.
namun Tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat tinggi baik di siklus I maupun siklus II. Sehingga model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar

Kata kunci: Model. Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola Basket

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4881 times | PDF view : 606 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.