Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Problem Based Learning adalah seperangkat model pengajaran yang menggunakan masalah sebagai focus untuk mengembangkan keterampulan pemecahan masalah, materi dan pengaturan diri. Problem based learning memiliki 3 karakteristik dimana pelajaran terfokus untuk memecahan masalah, tanggung jawab untuk memecahkan masalah bertumpu pada siswa, dan guru mendukung proses saat siswa mengerjakan masalah. perbandingan hasil belajar antara siklus I yang
belum mencapai indikator keberhasilan mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II dimana pada siklus II ini indikato keberhasilan telah tercapai. kategori rendah masih ada pada siklus I dengan persentase 27,27% dan selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yang terlihat dengan persentase 0% atau tidak ada siswa dalam kategori rendah. Di kategori tinggi pada siklus I dengan persentase 30,30% meningkat pada siklus II dengan persentase 9% dimana siswa pada kategori sedang berkurang. dan siswa mengalami peningkatan di kategori tinggi dari 42,42% pada siklus I meningkat dengan persentase 91%.
namun Tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat tinggi baik di siklus I maupun siklus II. Sehingga model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar
Kata kunci: Model. Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola Basket
belum mencapai indikator keberhasilan mengalami peningkatan hasil belajar pada siklus II dimana pada siklus II ini indikato keberhasilan telah tercapai. kategori rendah masih ada pada siklus I dengan persentase 27,27% dan selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yang terlihat dengan persentase 0% atau tidak ada siswa dalam kategori rendah. Di kategori tinggi pada siklus I dengan persentase 30,30% meningkat pada siklus II dengan persentase 9% dimana siswa pada kategori sedang berkurang. dan siswa mengalami peningkatan di kategori tinggi dari 42,42% pada siklus I meningkat dengan persentase 91%.
namun Tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat tinggi baik di siklus I maupun siklus II. Sehingga model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar
Kata kunci: Model. Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bola Basket
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 4881 times | PDF view : 606 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.