Pengembangan Model Pembelajaran Advanced Grammar Berbasis Interactive Moodle Activities

Andi Muliati(1*), Riola Haya Nur(2),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan model dan perangkat pembelajaran advanced grammar berbasis interactive moodle activities untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan ketrampilan berbahasa mahasiswa, khususnya jurusan bahasa Inggris FBS UNM. Pengembangkan model pembelajaran dan
perangkat pembelajaran yang direncanakan akan mengikuti model desain penelitian dan pengembangan yang telah dirancang. Penelitian ini merupakan suatu proses ekstensif dalam meneliti kebutuhan mahasiswa dan kemudian dikembangkan produk yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan
pengetahuan dan keterampilan berbahasa melalui pembelajaran interactive moodle activities. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan dan sastra Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat satu buku panduan pembelajaran hybrid advanced grammar berbasis interactive moodle e-learning, silabus, bahan ajar grammar, serta lembar kerja kegiatan mahasiswa.

Kata kunci: e-learning, moodle, grammar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.