Penerapan Model Controversial Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone

Nurfaizah AP(1*),

(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah dalam penelitian ini rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn. Rumusan masalah Bagaimanakah Penerapan model Controversial issues untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PKn di kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan
model Controversial issues untuk meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PKn Di Kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone . Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus Penelitian Tindakan Kelas ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran controversial issues (2) Kemampuan berpikir kritis siswa . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 14 Biru Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 14 Biru yang berjumlah 22 siswa. Teknik Pengumpulan Data adalah Observasi, tes dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dalam bentuk kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Controversial issue telah menunjukkan adanya peningkatan dalam
kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan Penerapan model pembelajaran Controversial issue dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn,mendorong siswa aktif dalam belajar, antusias mengikuti pembelajaran dan menjalin komunikasi dengan baik dengan teman sekelasnya

Kata kunci: Model Controversial Issue, Kemampuan berpikir kritis,

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1095 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.