Implementasi Strategi Pembelajaran Think Talk Write ( TTW) Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman

Misnah Mannahali(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan menulis mahasiswa melalui strategi pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus yang dilakukan pada mahasiswa program studi Bahasa Jerman Universitas Negeri Makassar pada bulan Januari sampai Mei 2017. Data-data dikumpulkan melalui pengamatan, tes, wawancara, angket dan catatan harian. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis bahasa Jerman. Data tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata pre-tes yang diperoleh mahasiswa adalah 54,6 hasil tes pada siklus 1 meningkat menjadi 64,50, kemudian pada siklus kedua rata-rata hasil keterampilan menulis yang dicapai mahasiswa meningkat menjadi 76.5, dan hasil tes pada siklus ketiga meningkat menjadi 88.50. Hal ini berarti bahwa strategi pembelajaran Think Talk Write sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis bahasa Jerman,

Kata kunci: Keterampilan menulis bahasa Jerman, strategi pembelajaran Think Talk Write

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.