PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Nurfadilah Mahmud(1*), Rezki Amaliyah AR(2),

(1) Universitas Sulawesi Barat
(2) Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kecerdasan intrapersonal dan pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Penelitian ex-post facto dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel kecerdasan intrapersonal dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah 132 siswa yang diambil dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh informasi mengenai prestasi belajar matematika sedangkan angket digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kecerdasan intrapersonal. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan intrapersonal dengan rata-rata skor 86,42 berada pada kategori tinggi dan prestasi belajar matematika dengan rata-rata skor 30,58 berada pada kategori kurang; (2) Kecerdasan intrapersonal tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika.

Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Prestasi Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 626 times | PDF view : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.